Minggu, 31 Oktober 2010

Obat Anti Depresan

Amoxapine

Diskripsi
Amoxapine adalah antidepresan trisiklik kelas dibenzoxazepine. Mekanisme klinis aksi amoxapine dalam manusia tidak dipahami Amoxapine bukan monoamine oxidase (MAO) inhibitor. Pada hewan, amoxapine menghambat re-uptake norepinefrin dan, pada tingkat yang lebih rendah, serotonin, di ujung saraf adrenergik dan blok respon reseptor dopamin untuk dopamin. metabolit utamanya, 8-hydroxyamoxapine, telah menghambat aktivitas norepinefrin serapan serupa tapi lebih besar memblokir efek serotonin daripada senyawa induknya, sedangkan metabolit utama lainnya, 7-hydroxyamoxapine, memiliki reseptor dopamin menghalangi efek.
Amoxapine diserap dengan cepat dan mencapai kadar puncak sekitar 90 menit setelah konsumsi. Memiliki eliminasi serum paruh 8 jam dan hampir sepenuhnya dimetabolisme dalam hati untuk 7-hydroxyamoxapine dan 8-hydroxyamoxapine. he metabolit aktif utama, 8-hydroxyamoxapine, memiliki waktu paruh serum kehidupan 30 jam, sedangkan 7-hydroxyamoxapine hadir dalam serum hanya dalam konsentrasi rendah dengan paruh 6,5 jam. Sebagian besar obat ini diekskresikan dalam urin dan jumlah yang lebih kecil dalam tinja. The metabolit kemih muncul dalam bentuk terkonjugasi sebagai glucuronides dengan 33% dari dosis yang dicatat sebagai metabolit hidroksi-8 dan 25% sebagai metabolit hidroksi-7. Hanya 2% diekskresikan berubah. In vitro tests show that amoxapine binding to human serum protein is approximately 90%. In vitro tes menunjukkan bahwa amoxapine mengikat protein serum manusia adalah sekitar 90%. Obat melintasi penghalang plasenta dan diekskresikan dalam air susu manusia. The initial clinical effect usually occurs within 2 weeks of administration, but may be seen in some patients within 4 to 7 days. Efek klinis awal biasanya terjadi dalam waktu 2 minggu administrasi, tetapi dapat dilihat pada beberapa pasien dalam waktu 4 sampai 7 hari.
Indikasi
Menghilangkan gejala depresi. Pasien yang telah gagal untuk menanggapi memuaskan untuk antidepresan lain mungkin menunjukkan respon terhadap amoxapine.
Kontraindikasi
Hipersensitif terhadap dibenzoxazepine senyawa. Ini tidak boleh diberikan bersamaan dengan penghambat MAO. Saat mengganti inhibitor MAO dengan amoxapine, minimal 14 hari harus diizinkan untuk berlalu setelah mantan dihentikan. Amoxapine maka harus dimulai hati-hati dengan meningkat secara bertahap dalam dosis sampai respon optimum tercapai. Amoxapine juga kontraindikasi selama fase pemulihan akut setelah infark miokard dan adanya gagal jantung kongestif akut.
Efek Samping
Meskipun beberapa reaksi yang merugikan termasuk dalam daftar berikut ini belum dilaporkan dengan amoxapine, kesamaan farmakologis antara antidepresan trisiklik mengharuskan setiap reaksi dipertimbangkan ketika meresepkan amoxapin. Dengan amoxapine, seperti obat lain antidepresan trisiklik, efek samping yang paling sering dilaporkan adalah efek sedasi dan antikolinergik.
Perilaku:
. Mengantuk, kelelahan, kegembiraan, agitasi, kegelisahan, insomnia, mimpi buruk, hypomania, kecemasan, kebingungan, disorientasi, konsentrasi terganggu, delusi, halusinasi, psikosis laten aktivasi.
Neurologis:
. Kejang, perubahan dalam pola EEG, pusing, tremor, gejala ekstrapiramidal, mati rasa, kesemutan, parestesia dari ekstremitas, neuropati perifer, tinnitus, sindrom sekresi ADH yang tidak tepat antidiuretik (hormon)
gejala ekstrapiramidal dilaporkan dengan amoxapine meliputi: akinesia, akatisia, chorea, kekakuan cogwheel, dysarthria, seperti fasies topeng, krisis oculogyric, torticollis dan tardive, termasuk tardive dyskinesia. Meskipun sebagian besar gejala-gejala telah dilaporkan jarang, kemungkinan terjadinya mereka harus diingat ketika resep amoxapine.
Seperti dengan agen antipsikotik, tardive dyskinesia mungkin muncul pada beberapa pasien pada terapi jangka panjang dengan amoxapine atau mungkin muncul setelah terapi obat telah dihentikan (penarikan tardive dyskinesia).. Risiko tampaknya lebih besar pada pasien usia lanjut pada terapi dosis tinggi, terutama perempuan. Gejala yang gigih dan pada beberapa pasien mungkin tidak dapat diubah, The. Sindrom ini biasanya ditandai disengaja ritmis oleh gerakan-gerakan wajah lidah,, mulut atau rahang (misalnya tonjolan lidah, mengisap pipi, mengerutkan mulut, mengunyah gerakan), tetapi mungkin juga diwujudkan oleh gerakan tak terkendali abnormal kaki dan gejala ekstrapiramidal lainnya, seperti akatisia.
.Ada, pada saat ini, tidak ada pengobatan yang efektif dikenal untuk tardive dyskinesia; agen antikolinergik dapat memperburuk gejala sindrom ini dan hasil dari studi dengan agen lainnya (misalnya agonis dopamin, cholinergics, agonis GABA) tidak jelas. Oleh karena itu, disarankan agar amoxapine dihentikan apabila tardive dyskinesia gejala muncul, dan pasien akan beralih ke antidepresan yang berbeda.
Pada account tidak harus dosis ditingkatkan dalam upaya untuk menutupi sindrom. Telah dilaporkan bahwa gerakan vermicular halus of lidah mungkin merupakan tanda awal sindrom, dan, jika obat ini berhenti pada saat itu, sindrom tidak bisa terjadi.
Kardiovaskular:
Hipotensi, hipertensi, takikardia, palpitasi, sinkop, aritmia atrium (termasuk kontraksi atrial prematur dan fibrilasi), blok jantung, stroke dan jantung penangkapan telah dilaporkan dengan amoxapine. A-seperti efek kinidina dan EKG perubahan reversibel lain seperti merata atau inversi gelombang T, blok cabang berkas, segmen ST depresi, konduksi waktu lama dan ada detak jantung telah dilaporkan dengan antidepresan trisiklik lain.
Otonom:
Mulut kering, penglihatan kabur, gangguan menemani-modation, mydriasis, sembelit, hidung tersumbat, berkemih tertunda, adenitis sublingual, ileus paralitik, retensi urin, pelebaran saluran kemih, pengendapan laten dan kejengkelan glaukoma yang ada, vertigo.
Endokrin:
Peningkatan atau penurunan libido, impotensi, ketidakteraturan menstruasi, pembengkakan testis, ejakulasi menyakitkan, penghambatan orgasme, pembesaran payudara dan galaktorea pada wanita, ginekomastia pada elevasi, laki-laki dan menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan kadar prolaktin.
Alergi atau beracun:
Pruritus, ruam kulit, photosensitization, edema, demam obat, leukopenia, urtikaria, petechiae, ikterus obstruktif, depresi sumsum tulang, termasuk agranulositosis, eosinofilia, purpura dan trombositopenia, nekrolisis epidermal toksik dan sindrom neuroleptik ganas.
Gastrointestinal:
Mual, distress epigastrium, muntah, perut kembung, sakit perut, diare, rasa aneh, stomatitis.
Miscellaneous:
Kelemahan, sakit kepala, berat badan atau rugi, nafsu makan yang berlebihan, anoreksia, peningkatan keringat, frekuensi kencing, lakrimasi, alopecia, parotid bengkak, lidah hitam, hepatitis.
Gejala Penarikan:
Tiba-tiba penghentian pengobatan dengan antidepresan trisiklik setelah pemberian berkepanjangan dapat menghasilkan mual, sakit kepala dan malaise. Gejala-gejala ini bukan merupakan indikasi kecanduan. Penarikan tardive muncul telah dilaporkan dengan amoxapine.
Overdosis
Gejala:
Manifestasi Beracun dari overdosis berbeda secara signifikan dari orang-orang dari antidepresan trisiklik lain. efek SSP seperti mengantuk, delirium, lesu dengan berkurangnya refleks tendon dalam dan kejang-kejang grand mal terutama, sering terjadi, dan pengobatan harus diarahkan terutama terhadap pencegahan atau pengendalian kejang. Status epilepticus dapat mengembangkan dan merupakan darurat neurologis. Koma dan asidosis adalah komplikasi serius lainnya overdosis substansial dalam beberapa kasus.
Korban jiwa akibat overdosis amoxapine dan kerusakan neurologis permanen telah terjadi pada beberapa pasien yang sembuh setelah status epilepticus lama dan asidosis berat.
Gagal ginjal dapat mengembangkan 2 sampai 5 hari setelah overdosis beracun pada pasien yang mungkin muncul dinyatakan sembuh. tubular nekrosis akut dengan rhabdomyolysis dan myoglobinuria adalah ginjal komplikasi yang paling umum dalam kasus tersebut. Reaksi ini biasanya terjadi pada mereka yang telah mengalami beberapa kejang, dan kebanyakan pasien sembuh dengan pengobatan yang tepat.
efek Kardiovaskular, ketika mereka terjadi, biasanya terbatas pada takikardi sinus dan sementara perubahan EKG kecil. Oleh karena itu, perpanjangan interval QRS melebihi 100 milidetik dalam jam pertama 24 bukan merupakan panduan yang berguna untuk tingkat keparahan overdosis dengan amoxapine. Serius hipotensi, hipertensi, blok cabang berkas tidak lengkap dan aritmia jantung telah jarang diamati dengan amoxapine.
Estimasi overdosis mematikan terkecil dilaporkan dengan amoxapine pada orang dewasa telah 1,5 hingga 2 g. A 15-month old child died after ingesting approximately 250 mg. Sebulan tua anak-15 meninggal setelah menelan sekitar 250 mg. Di sisi lain, beberapa pasien bertahan hidup lebih besar overdosis banyak,. Umur dan kondisi fisik pasien secara bersamaan, konsumsi obat lain, dan khususnya interval obat antara konsumsi dan inisiasi darurat pengobatan adalah faktor penentu penting dalam probabilitas kelangsungan hidup.
Gejala overdosis dilaporkan dengan antidepresan trisiklik lain termasuk: mengantuk, mydriasis, dysarthria, kelemahan umum, kegembiraan, agitasi, refleks hiperaktif, kejang otot dan kekakuan, hipotermia, hiperpireksia, muntah, keringat, benang nadi cepat, kejang, hipotensi berat, hipertensi, takikardia, gangguan konduksi jantung, aritmia, gagal jantung kongestif, peredaran darah, depresi pernafasan dan koma.. Pada pasien dengan glaukoma, bahkan dosis rata-rata dapat menimbulkan serangan.
Pengobatan:
kegagalan ginjal dapat mengembangkan beberapa hari setelah overdosis amoxapine besar pada pasien yang mungkin muncul dinyatakan sembuh. Therefore, patients who may have ingested an overdosage of amoxapine, particularly children, should be hospitalized and kept under close surveillance. Oleh karena itu, pasien yang mungkin telah menelan suatu overdosis dari amoxapine, khususnya anak-anak, harus dirawat di rumah sakit dan disimpan di bawah pengawasan yang ketat.
Pada semua pasien koma mendukung kehidupan langkah-langkah dasar harus dilembagakan, termasuk pembentukan suatu saluran udara yang memadai dan ventilasi dibantu, jika perlu.. Pada semua pasien lainnya, lavage lambung, dengan tindakan yang tepat untuk mencegah aspirasi paru, harus dilakukan sesegera mungkin. Langkah-langkah yang direkomendasikan sampai 12 jam atau bahkan lebih setelah overdosis karena efek antikolinergik obat mungkin menunda pengosongan lambung. Setelah lavage atau diaktifkan arang emesis dapat diberikan untuk mengurangi penyerapan, dan pemberian berulang dapat memfasilitasi eliminasi obat.. Asidosis dapat diobati hati-hati dengan pemberian natrium bikarbonat Pengobatan gangguan ginjal adalah sama dengan non-obat-induced disfungsi ginjal. Nilai dialisis adalah karena ragu terhadap protein plasma luas pengikatan amoxapine.
Stimulasi eksternal harus diminimalkan untuk mengurangi kecenderungan untuk kejang terjadi. Kejang, ketika mereka, biasanya dimulai dalam 12 jam setelah menelan amoxapine. Because Karena kejang dapat terjadi drastis pada beberapa pasien overdosis yang muncul dinyatakan relatif tanpa gejala, dokter yang merawat mungkin ingin mempertimbangkan pemberian obat antikonvulsan profilaksis selama periode ini. antikonvulsan standar, seperti diazepam iv dan / atau fenitoin harus diberikan. Barbiturat dapat mengintensifkan depresi pernafasan, terutama pada anak-anak, dan memperburuk hipotensi dan koma.. Paraldehyde dapat digunakan pada beberapa anak untuk otot melawan hypertonus dan kejang-kejang kurang dengan kemungkinan menyebabkan depresi pernafasan kontrol Prompt dari kejang, termasuk status epilepticus, sangat penting karena mereka memperburuk hipoksia dan asidosis dan dengan demikian dapat menimbulkan aritmia jantung dan penangkapan, serta menyebabkan kerusakan neurologis permanen.
EKG pemantauan di unit perawatan intensif direkomendasikan pada semua pasien dengan overdosis antidepresan trisiklik, meskipun komplikasi jantung tidak muncul untuk menjadi seperti serius masalah dengan overdosis amoxapine sebagai dengan beberapa antidepresan trisiklik lain, dan EKG biasanya masih dalam batas normal kecuali sinus tachycardia.
Shock harus ditangani dengan langkah-langkah dukungan seperti oksigen cairan iv, dan kortikosteroid. agen pressor, seperti norepinefrin (tetapi tidak epinefrin), jarang diindikasikan dan harus diberikan hanya setelah pertimbangan hati-hati dan di bawah pengawasan terus menerus.
Pemberian iv lambat salisilat physostigmine telah dilaporkan untuk membalikkan sebagian besar dan SSP efek kardiovaskular overdosis trisiklik, seperti aritmia jantung dan kejang-kejang, namun tidak boleh digunakan secara rutin karena durasi pendek tindakan dan efek samping yang serius yang berpotensi . Dosis yang dianjurkan pada orang dewasa telah 1 sampai 2 mg injeksi iv lambat sangat (menghindari injeksi cepat untuk mengurangi kemungkinan yang disebabkan kejang physostigmine).. Pada anak-anak, dosis awal tidak boleh melebihi 0,5 mg dan harus disesuaikan dengan umur dan respon. Physostigmine menghanguskan memiliki jangka waktu pendek tindakan, administrasi mungkin harus diulangi pada interval 30 sampai 60 menit.
Kematian oleh atau disengaja overdosis sengaja telah terjadi dengan kelas obat.. Karena kecenderungan untuk bunuh diri tinggi pada pasien depresi, usaha bunuh diri dengan cara lain mungkin terjadi selama tahap pemulihan.. Kemungkinan simultan menelan obat lain juga harus dipertimbangkan.
Dosis
. Dosis harus individual sesuai dengan kebutuhan setiap pasien. Pengobatan harus dimulai pada dosis yang dianjurkan terendah dan meningkat secara bertahap dengan penilaian hati-hati respon klinis dan setiap bukti intoleransi.. Setelah dosis efektif adalah mapan, dosis harian total dapat diberikan dalam dosis harian tunggal (tidak lebih dari 300 mg) pada waktu tidur.. Total dosis harian lebih tinggi dari 300 mg harus diberikan dalam dosis terbagi.. Perawatan harus diambil untuk tidak meningkatkan dosis amoxapine jika manifestasi efek ekstrapiramidal terjadi, karena ada kemungkinan pengembangan tardive dyskinesia dengan obat ini.
Dewasa:
Awalnya: 50 mg dua kali sehari. Tergantung pada pasien toleransi dan respon, ini harus ditingkatkan menjadi 50 mg 3 kali sehari pada awal hari ketiga pengobatan. Dalam mengalami depresi berat pasien rawat inap atau pasien di bawah pengawasan yang ketat, dosis awal yang lebih tinggi 50 mg 3 kali sehari dapat diindikasikan, dan ini dapat ditingkatkan sampai 100 mg 2 atau 3 kali sehari. Dosis optimum biasa adalah 150 sampai 300 mg setiap hari, namun beberapa pasien mungkin memerlukan dosis yang lebih tinggi, sampai 400 mg atau lebih sehari, tergantung pada toleransi dan respon setiap pasien. Beberapa pasien dirawat di rumah sakit telah menerima dosis hingga 600 mg sehari dalam dosis terbagi. Ketika dosis tinggi digunakan, adalah penting untuk mengecualikan riwayat gangguan kejang.

Pasien lanjut usia atau lemah:
Pengalaman total dengan amoxapine pada pasien lanjut usia terbatas. Oleh karena itu, jika ada indikasi yang valid untuk penggunaan amoxapine pada pasien lanjut usia, dosis harus dititrasi sangat hati-hati. Seperti dengan obat lain dari kelas ini, dianjurkan untuk melakukan pengobatan dengan dosis rendah dan untuk meningkatkan dosis secara bertahap. Dosis awal yang disarankan adalah 12,5 mg, 3 kali sehari. Ini harus ditingkatkan secara bertahap, tergantung pada toleransi dan respon, sampai 50 mg 2 atau 3 kali sehari.
Dosis Pemeliharaan:
perawatan yang disarankan adalah dosis terendah yang akan mempertahankan remisi. Obat harus dilanjutkan selama yang diharapkan dari episode depresi untuk meminimalkan kemungkinan kambuh berikut perbaikan klinis. Jika gejala muncul kembali, dosis harus ditingkatkan ke tingkat yang sebelumnya diinduksi pengampunan, sampai gejala yang lagi dikendalikan.
Ketika dosis pemeliharaan telah ditetapkan seperti dijelaskan di atas, amoxapine dapat diberikan dalam dosis tunggal sebelum tidur yang disediakan seperti regimen dosis baik ditoleransi. Namun, jika dosis harian total melebihi 300 mg, harus diberikan dalam dosis terbagi.
Ketika terapi amoxapine dihentikan, penarikan obat harus bertahap.
Disediakan
25 mg: Masing-masing, putih, mencetak tablet heptagonal terukir "LL25" dan "A13" berisi: Amoxapine 25 mg. Tartrazine-bebas. Bottles of 100. Botol 100.
50 mg: Setiap jeruk, heptagonal, mencetak tablet terukir "LL50" dan "A15" berisi: Amoxapine 50 mg.. Tartrazine-bebas. Bottles of 100 and 500. Botol 100 dan 500.
100 mg: Setiap, biru, mencetak tablet heptagonal terukir "LL100" dan "A17" berisi: Amoxapine 100 mg. Tartrazine-bebas. Bottles of 100. Botol 100.

PERAN DAN TANGGUNG JAWAB PERAWAT TERHADAP PEMBERIAN OBAT
Perawat bertanggung jawab dalam pemberian obat – obatan yang aman . Perawat harus mengetahui semua komponen dari perintah pemberian obat dan mempertanyakan perintah tersebut jika tidak lengkap atau tidak jelas atau dosis yang diberikan di luar batas yang direkomendasikan . Secara hukum perawat bertanggung jawab jika mereka memberikan obat yang diresepkan dan dosisnya tidak benar atau obat tersebut merupakan kontraindikasi bagi status kesehatan klien . Sekali obat telah diberikan , perawat bertanggung jawab pada efek obat yang diduga bakal terjadi. Buku-buku referensi obat seperti , Daftar Obat Indonesia ( DOI ) , Physicians‘ Desk Reference (PDR), dan sumber daya manusia , seperti ahli farmasi , harus dimanfaatkan perawat jika merasa tidak jelas mengenai reaksi terapeutik yang diharapkan , kontraindikasi , dosis , efek samping yang mungkin terjadi , atau reaksi yang merugikan dari pengobatan ( Kee and Hayes, 1996 ).
Dapat di rincikan bahwa tanggung jawab perawat dalam pemberian obat adalah sebagai berikut:
1. Menjaga keamanan pasien
Kondisi pasien benar – benar aman saat memberikan obat agar obat bisa berguna secara baik.
Seorang perawat harus melibatkan keluarga dalam pemberian obat
2. Menjaga keakuratan ( 6 prinsip )
Supaya dapat tercapainya pemberian obat yang aman , seorang perawat harus melakukan enam hal yang benar : klien yang benar, obat yang benar, dosis yang bena, waktu yang benar, rute yang benar, dan dokumentasi yang benar.
Pada waktu lampau, hanya ada lima hal yang benar dalam pemberian obat. Tetapi kini ada hal keenam yang dimasukkan yaitu dokumentasi. Dua hal tambahan klien juga dapat ditambahkan : hak klien untuk mengetahui alasan pemberian obat, hak klien untuk menolak penggunaan sebuah obat.
Klien yang benar dapat dipastikan dengan memeriksa identitas klien, dan meminta klien menyebutkan namanya sendiri. Beberapa klien akan menjawab dengan nama sembarang atau tidak berespon, maka gelang identifikasi harus diperiksa pada setiap klien pada setiap kali pengobatan. Pada keadan gelang identifikasi hilang, perawat harus memastikan identitas klien sebelum setiap obat diberikan.
Dalam keadaan dimana klien tidak memakai gelang identifikasi (sekolah, kesehatan kerja, atau klinik berobat jalan), perawat juga bertanggung jawab untuk secara tepat mengidentifikasi setiap orang pada saat memberikan pengobatan.
Obat yang benar berarti klien menerima obat yang telah diresepkan. Perintah pengobatan mungkin diresepkan oleh seorang dokter, dokter gigi, atau pemberi asuhan kesehatan yang memiliki izin praktik dengan wewenang dari pemerintah. Perintah melalui telepon untuk pengobatan harus ditandatangani oleh dokter yang menelepon dalam waktu 24 jam. Komponen dari perintah pengobatan adalah : (1) tanggal dan saat perintah ditulis, (2) nama obat, (3) dosis obat, (4) rute pemberian, (5) frekuensi pemberian, dan (6) tanda tangan dokter atau pemberi asuhan kesehatan. Meskipun merupakan tanggung jawab perawat untuk mengikuti perintah yang tepat, tetapi jika salah satu komponen tidak ada atau perintah pengobatan tidak lengkap, maka obat tidak boleh diberikan dan harus segera menghubungi dokter tersebut untuk mengklarifikasinya ( Kee and Hayes, 1996 ).
Untuk menghindari kesalahan, label obat harus dibaca tiga kali : (1) pada saat melihat botol atau kemasan obat, (2) sebelum menuang / mengisap obat dan (3) setelah menuang / mengisap obat. Perawat harus ingat bahwa obat-obat tertentu mempunyai nama yang bunyinya hampir sama dan ejaannya mirip, misalnya digoksin dan digitoksin, quinidin dan quinine, Demerol dan dikumarol, dst.
Dosis yang benar adalah dosis yang diberikan untuk klien tertentu. Dalam kebanyakan kasus, dosis diberikan dalam batas yang direkomendasikan untuk obat yang bersangkutan. Perawat harus menghitung setiap dosis obat secara akurat, dengan mempertimbangkan variable berikut : (1) tersedianya obat dan dosis obat yang diresepkan (diminta), (2) dalam keadaan tertentu, berat badan klien juga harus dipertimbangkan, misalnya 3 mg/KgBB/hari.
Sebelum menghitung dosis obat, perawat harus mempunyai dasar pengetahuan mengenai rasio dan proporsi. Jika ragu-ragu, dosis obat harus dihitung kembali dan diperiksa oleh perawat lain.
Waktu yang benar adalah saat dimana obat yang diresepkan harus diberikan. Dosis obat harian diberikan pada waktu tertentu dalam sehari, seperti b.i.d ( dua kali sehari ), t.i.d ( tiga kali sehari ), q.i.d ( empat kali sehari ), atau q6h ( setiap 6 jam ), sehingga kadar obat dalam plasma dapat dipertahankan. Jika obat mempunyai waktu paruh (t ½ ) yang panjang, maka obat diberikan sekali sehari. Obat-obat dengan waktu paruh pendek diberikan beberapa kali sehari pada selang waktu yang tertentu . Beberapa obat diberikan sebelum makan dan yang lainnya diberikan pada saat makan atau bersama makanan ( Kee and Hayes, 1996 ; Trounce, 1997)
Implikasi dalam keperawatan mencakup :
o Berikan obat pada saat yang khusus. Obat-obat dapat diberikan ½ jam sebelum atau sesudah waktu yang tertulis dalam resep.
o Berikan obat-obat yang terpengaruh oleh makanan seperti captopril, sebelum makan
o Berikan obat-obat, seperti kalium dan aspirin, yang dapat mengiritasi perut ( mukosa lambung ) bersama-sama dengan makanan.
o Tanggung jawab perawat untuk memeriksa apakah klien telah dijadwalkan untuk pemeriksaan diagnostik, seperti endoskopi, tes darah puasa, yang merupakan kontraindikasi pemberian obat.
o Periksa tanggal kadaluarsa. Jika telah melewati tanggalnya, buang atau kembalikan ke apotik ( tergantung peraturan ).
o Antibiotika harus diberikan dalam selang waktu yang sama sepanjang 24 jam ( misalnya setiap 8 jam bila di resep tertulis t.i.d ) untuk menjaga kadar darah terapeutik.
Rute yang benar perlu untuk absorpsi yang tepat dan memadai. Rute yang lebih sering dari absorpsi adalah (1) oral ( melalui mulut ): cairan , suspensi ,pil , kaplet , atau kapsul . ; (2) sublingual ( di bawah lidah untuk absorpsi vena ) ; (3) topikal ( dipakai pada kulit ) ; (4) inhalasi ( semprot aerosol ) ; (5)instilasi ( pada mata , hidung , telinga , rektum atau vagina ) ; dan empat rute parenteral : intradermal , subkutan , intramuskular , dan intravena.
Implikasi dalam keperawatan termasuk :
o Nilai kemampuan klien untuk menelan obat sebelum memberikan obat – obat per oral
o Pergunakan teknik aseptik sewaktu memberikan obat . Teknik steril dibutuhkan dalam rute parenteral .
o Berikan obat- obat pada tempat yang sesuai .
o Tetaplah bersama klien sampai obat oral telah ditelan.
Dokumentasi yang benar membutuhkan tindakan segera dari seorang perawat untuk mencatat informasi yang sesuai mengenai obat yang telah diberikan . Ini meliputi nama obat , dosis , rute , waktu dan tanggal , inisial dan tanda tangan perawat . Respon klien terhadap pengobatan perlu di catat untuk beberapa macam obat seperti (1) narkotik – bagaimana efektifitasnya dalam menghilangkan rasa nyeri – atau (2) analgesik non-narkotik, (3) sedativa, (4) antiemetik (5) reaksi yang tidak diharapkan terhadap pengobatan, seperti irigasi gastrointestinal atau tanda – tanda kepekaan kulit. Penundaan dalam mencatat dapat mengakibatkan lupa untuk mencatat pengobatan atau perawat lain memberikan obat itu kembali karena ia berpikir obat itu belum diberikan (Taylor, Lillis and LeMone, 1993 ; Kee and Hayes, 1996 ).
3. Mengerti aksi dan efek samping obat
4. Meonitoring respon pasien
5. Memandirikan pasien
6. Riwayat pengobatan pasien

2 komentar:

  1. Obat Anti Galau Anti Depresan dan Sulit Tidur.
    Dumolid 5mg : Rp. 170.000,- / Strip
    Camlet 2mg : Rp. 140.000,- / Strip
    Riklona 2mg : Rp. 120.000,- / Strip
    Alparzolam 1mg : Rp. 100.000,- / Strip
    Sedia Obat Telat Bulan Usia 1-5 bulan
    Pemesanan Cepat Via Sms
    Hp 081389604161
    BBM 5E10FDB4

    BalasHapus
  2. Jual Berbagai Macam Obat Penenang Dan Anti Depresan Seperti Riklona, Dumolid, Alprazolam dll, Jaminan Aman Dan Terpercaya.
    Chat WA : 081228866411
    Info Lengkap Kunjungi Website Kami www.obatpenenang.xyz

    BalasHapus